Selasa, 15 Oktober 2013





       Kenampakan pada gambar di atas merupakan kondisi yang biasa dan seakan - akan telah menjadi pemandangan wajib bagi kita para pengguna jalan di sepanjang jalan di wilayah Indonesia, terutaman di wilayah perkotaan atau di wilayah pusat perbelanjaan suatu daerah. Masyarakat biasa menjulukinya dengan nama " Baliho ", Sebuah banner yang besar atau dengan ukuran sedang yang dipasang oleh masyarakat umum yang memiliki kepentingan sesuai dengan oknum - oknum tertentu. Dengan kurangnya perhatian oleh oknum - oknum tersebut mengenai akibat dari beberapa hal yang telah mereka lakukan, sehingga terjadi beberapa efek negatif yang dapat merugikan para pengguna jalan, namun anehnya banyak orang yang kurang menyadari akan bahayanya pemasangan baleho yang kurang tepat dan berlebihan.

Terus Mengapa toh kok bisa Baleho seperti ini menjadi pengganggu di ruang lalu lintas?

         Banyak hal di sini yang dapat kita lihat dan kita analisa bahwa terdapat banyak kerugian yang terjadi akibat dari adanya " Baliho " atau " Reklame " dilihat dari segi tata tuang dan pengendara kenyadaraan bermotor yang lain. Awalnya kita coba lihat beberapa hal yang kurang tepat pada peletakan tata ruangnya. Seperti kita tahu bahwa peletakan reklame dan baliho seperti di atas yang berada di atas jembatan dan yang sangat menggangu adalah berada di daerah persimpangan, tepatnya simpang 4, dimana hal ini sangat tidak aman dan tidak berkeselamatan. Selain itu pada lingkup tata ruang, tepatnya peletakan baliho dan reklame ini dapat menyamarkan warna rambu - rambu lalu lintas yang notabene memiliki fungsi lebih fital dari pada hal - hal tersebut. Sayangnya tidak banyak menyadari akan hal ini. Bukan hanya itu, tidak jarang terdapat peletakkan papan reklame yang tepat berada di atas badan jalan. Hal ini sanga tidak berkeselamatan, tidak kah mereka memikirkan jika reklame atau baliho tersebut tertiup angin kencang atau ada sebagian tali yang putus sehingga baliho tersebut mengenai pengendara secara mendadak dan kondisi saat itu pengendara tidak dapat menghentikan kendaraannya.

         Separah itulah, sebuah baliho dan reklame yang diletakkan pada tempat yang salah, apalagi jika kita melihat dari segi kerugian yang dialami oleh pengendara. Tepat di daerah persimpangan pengendara akan menemui banyak reklame -reklame dan baliho - baliho dengna ukuran yang beraneka ragam. Hal ini sangat menggangu konsentrasi pengendara, Sebenanrnya tingkat keefektivitasan dari pemasangan reklame dan baliho itu sendiri di persimpengan memiliki prosentase sekitar 40% saja. Hal ini di karenakan ketika di jalan, seseorang tersebut akan berkonsertrasi penuh dengan kendaraan dan jalan t=yeng tengah mereka lewati, sedangkan keberadaan baliho itu hanya akan menggangu pandanganmereka saja. Sehingga sebenarnya peletakan di persimpangan jalann itu kurag tepat dan tidak efisien. Sehingga ini menjadi pelajaran peting untuk kita semua bahwa apabila akan melakukan sesuatu, berfikiflah jauh kedepan apa yang akan menjadi efek dari apa yang akan kita lakukan, tetap pada fokus kita  " Keep Smile and Keep Our Live With Good Attitude ". 

0 komentar :

Posting Komentar