Rabu, 04 Desember 2013




Fenomena kendaraan tidak bermotor yang sering kita temui ketika kita sedang berlalu lintas terkadang terlihat sangat mengangu dan semrawut atau tidak teratur. Bahkan terkadang kita terbawa emosi karena karakter para pengguna kendaraan tidak bermotor itu yang sering membahayakan keselamatan.

Seperti becak, pesepeda, dokar, andong, dan lain - lain, meskipun yang paling dominan adalah becak. Namun kita tidak bisa menyalahkan mereka seutuhnya.... dengan kondisi yang demikian.... ada beberapa pihak yang seharusnya saling berbenah dan mendukung pembangunan satu sama lain. Karena jika kita tau bahwa sebenarnya manfaat dari pengaturan terhadap kondisi fasilitas kendaraan tidak bermotor terhadap sistem lalu lintas yang ada memiliki hal yang positif dan baru, dan setidaknya dapat membantu perubahan sistem transportasi yang ada sekarang.

Memang... dapat kita akui untuk mengawali kebijakan baru di Indonesia sangatlah sulit, hal ini berkaitan dengan karakteristik dari SDM.nya sendiri, Namun dengan polesan yang indah, menarik, serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada saat ini dan bahkan jika dapat memberi hal - hal baru yang dapat melebihi kebutuhan masyarakat yang ada saat ini, maka kemungkinan besar masyarakat dapat mengikuti aturan tersebut. Seperti dengan pemberian fasilitas jalur khusus pesepeda dan aturan pembatasan kendaraan yang masuk ke area ruas jalan tersebut. Dengan pemasangan pelican crossing pada ruas jalan tersebut, atau pulau - pulau lalu lintas sebagai tempat pejalan kaki untuk menyeberang.

Semoga Bermanfaat


0 komentar :

Posting Komentar