Senin, 06 Januari 2014



POTRET LALU LINTAS PADA MOMENT LIBURAN SEKOLAH


Libur sekolah telah usai, namun permasalahan lalu lintas yang telah terjadi selama masa libur sekolah kemarin akan menjadi momok baru pada masyarakat kita mengenai kualitas transportasi di Indonesia. Coba kita lihat contoh nyata tragedi dikroyoknya salah satu armada bus di wilayah Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, hal ini bukan lagi merupakan peristiwa yang langkah terjadi. Peristiwa ini disebabkan oleh kelalaian pengemudi sehingga menyebabkan menabrak tiga orang pengendara sepeda motor pengendara sepeda hingga beliau meninggal dunia. Bukan hanya di kroyok namun bus tersebut juga di bakar oleh warga setempat di tempat itu juga, tidak berhenti sampai disitu, masyarakat juga meneror setiap armada bus tersebut yang lewat dengan cara melempari batu, melempari dengan kayu dan benda keras lainnya. 


Ramainya lalu lintas ketika memasuki musim berlibur telah menjadi budaya yang mengakar di bumi pertiwi ini, sehingga pengaruh negatif seperti timbulnya kemacetan, supir bus yang berkendara dengan seenaknnya sendiri (ugal - ugalan), habisnya tiket kreta sehingga banyak yang memilih bus untuk bertransportasi, kondisi bus yang penuh sesak karena melebihi kapasitas yang ditentukan, banyak calo bus yang memanfaatkan kesempatan emas ini, dan bermacam – macam persoalan yang terjadi ketika musim liburan tiba.
Permasalahan di atas secara tidak langsung dapat membuat masyarakat khawatir akan menuju ke tempat pariwisata atau tempat yang dituju untuk menghabiskan waktu berkibur yang memang notabene adalah waktu yang ditunggu – tunggu, khusunya oleh kalangan anak sekolah atau kuliah. Hal ini jelas telah menjadi permasalahan yang patut untuk diperhatikan oleh beberapa instansi terkait. Bukan lagi hanya moment mudik lebaran saja yang menyebabkan kenaikan lalu lintas di Indonesia dan dapat menyebabkan angka kecelakaan yang cukup tinggi serta memakan korban jiwa yang tidak sedikit.
Adapun solusi yang dapat kita terapkan seperti menambahkan jumlah angkutan umum yang biasanya menjadi pilihan utama mayarakat secara umum, seperti PT. PERSERO KA menyediakan gerbong tambahan yang dapat memenuhi pesanan tiket penumpang, berbagai macam PO bus menambah armada – armada mereka, sehingga tidak terjadi kebut – kebutan karena mengejar target penumpang yang membludak, juga agar tidak terlihat lagi bus dengan kondisi yang berjubel, penuh sesak karena melebihi standar yang telah ditentukan,  penegakan hukum dan pengamanan yang lebih ketat dan terpadu oleh instansi yang perkepentingan, Perbaikan fasilitas perlengakapan jalan dengan berkala dan terpadu termasuk menghitung ulang waktu untuk pergantian APILL sehingga bagi pengemudi atau pengendara yang baru melewati wilayah tersebut dapat mencapai arah tujuan dengan jelas dan tidak terjadi kemacetan yang terlalu lama.




Dengan mulainya menyelesaikan hal – hal kecil yang tampak secara nyata dan benar – benar kita rasakan sedikit demi sedikit maka masalah transportasi di negeri tercinta ini setidaknya dapat sedikit berkurang. Dimana masalah – masalah tersebut juga di sebabkan oleh permasalahn kecil tersebut.
SEKIAN dan SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar :

Posting Komentar